Oleh: Anas Shobirin (anggota PPI Yaman) 

Yaman, Universitas Al-Ahgaff merupakan salah satu universitas ternama yang ada di Yaman, banyak diantara para penuntut ilmu dari tanah air yang memilih perguruan tinggi tersebut sebagai tujuan utama dalam mencari ilmu agama, Kamis (30/06/2022) malam lalu, Universitas Al-Ahgaff telah menyelenggarakan wisuda mahasiswa Fakultas Syariat dan Hukum yang ke-23 dan Fakultas Ulum Islamiyyah yang pertama.

Acara wisuda tersebut dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Al-Ahgaff, Prof. Dr. Abdullah bin Muhammad Baharun, dan Dekan Fakultas Syariat dan Hukum, Ustaz Abdullah 'Awadh bin Smith, tampak pula Dekan Fakultas Ulum Islamiyyah, Dr. Samir Muhammad, segenap civitas Universitas Al-Ahgaff, serta para mahasiswa dari berbagai negara.

Wisuda yang diselenggarakan di Aula Auditorium Fakultas Syariat dan Hukum Universitas Al-Ahgaff tersebut dimulai setelah salat magrib. Diawali dengan pembacaan maulid simtudduror kemudian acara inti yang diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan hadis Nabawi dan sambutan-sambutan, mulai dari perwakilan para wisudawan, dekan fakultas, hingga rektor universitas.

Prosesi wisuda tahun ini diikuti oleh 105 wisudawan dari 6 negara berbeda, seperti Indonesia, Yaman, Malaysia, Tanzania, Arab Saudi dan Thailand. Mereka telah menyelesaikan program sarjananya di Fakultas Syariat dan Hukum selama 5 tahun dan di Fakultas Ulum Islamiyyah selama 4 tahun.

Pada momen spesial kali ini terdapat 9 pengurus PPI Yaman yang juga turut menjadi wisudawan. Mereka adalah Ro'fat Hamzie, Lc., selaku ketua Umum PPI Yaman, Hasan Rusydi, Lc., selaku dewan MPA, Abdul Ghofur, Lc., Muhammad Alif Arkan, Lc., Muhammad Amin Harawi, Lc., Mustaqim Abdillah, Lc., Muhammad Rizki Abdurrazaq, Lc., Muhammad Syifaul Karim, Lc., dan Muhsin, Lc.

Adapun yang membanggakannya lagi, diantara mereka ada yang lulus dengan predikat Imtiyaz (Cumlaude), yakni Mustaqim Abdillah, Lc. Ada juga yang lulus dengan predikat Al-Hafiz 30 Juz, yakni Muhammad Alif Arkan, Lc. Dan yang lebih membanggakannya lagi ada salah satu dari mereka yang menyabet dua predikat sekaligus, predikat Cumlaude dan Al-Hafiz 30 Juz, yaitu Hasan Rusydi, Lc.

Hal ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan serta perlu dikembangkan agar dapat menjadi tauladan yang patut ditiru oleh generasi-generasi PPI Yaman mendatang.

Dekan Fakultas Syariah Wal Qanun, Dr. Al-Habib Abdullah 'Awadh bin Smith juga mengapresiasi angkatan yang wisuda tahun ini. Beliau bahagia dengan dicapainya predikat Imtiyaz oleh 14 mahasiswa dan para Huffadz Al-Qur'an yang mencapai 19 orang. Jumlah tersebut merupakan sebuah prestasi yang belum pernah dicapai pada tahun-tahun sebelumnya.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Al-Ahgaff, Prof. Dr. Al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun menyampaikan ucapan selamat atas terwisudanya para mahasiswa. Beliau berpesan kepada para wisudawan agar selalu menjaga diri, menjaga hati dan iman. Beliau juga mengamanatkan agar senantiasa bertakwa kepada Allah, khususnya di zaman yang penuh dengan fitnah ini.

"Ketahuilah anak-anakku, bahwa fitnah sekarang ini bergelombang seperti halnya ombak lautan yang saling berbenturan. Hendaknya kalian menjaga diri kalian, dengan menjaga hati dan iman. Karena masa sekarang adalah masa perubahan, masa yang banyak terjadi transformasi. Perubahan-perubahan semacam ini membutuhkan akal yang mampu untuk berfikir, dan tidak bertentangan dengan dengan perintah kitab dan sunnah."

Acara wisuda tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat, dan berakhir pada pukul 23.00 waktu setempat. Acara pun ditutup dengan doa kemudian sesi foto dan makan malam bersama. Selamat kepada seluruh wisudawan. Semoga ilmu yang telah diperoleh menjadi ilmu yang berkah dan bermanfaat bagi dirinya sendiri dan seluruh umat.


===============

Terus dukung dan ikuti perkembangan kami lewat akun media sosial PPI Yaman di:
Instagram: @ppiyaman
Facebook: PPI YAMAN
Youtube: PPI Yaman
Website: ppiyaman.org